Oleh: Ronny Carter PM Sibarani | 16 September 2009

seputar perjalan Bupati Tobasa menuju pembangunan TOBA MAS 2010


SAMBUT BULAN PUASA PEMKAB TOBA SAMOSIR LAKSANAKAN BUKA PUASA BERSAMA DENGAN MASYARAKAT DI TIGA KECAMATAN YANG BERBEDA.

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir menyelenggarakan Buka Puasa Bersama TNI, POLRI, BUMN, BUMD, PNS dan Tokoh Agama Kecamatan Balige dan Kecamatan Tampahan yang dilaksanakan di Mess Pemprop Sumatera Utara Pesanggrahan, Balige (10/09/2009) yang dihadiri sekitar 175 orang. Bupati Toba Samosir yang diwakili Asisten Administrasi Pembangunan Ir. Saibon Sirait dalam sambutannya mengatakan bahwa menjalankan ibadah puasa janganlah diartikan hanya menahan rasa haus dan lapar saja, tetapi utamanya dibulan suci Ramadhan ini adalah selain sarana peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, juga dituntut mampu meningkatkan Ukuwah Islamiyah dengan semangat kesetiakawanan sosial berdasarkan kasih. Selain itu, kesuksesan menjalankan ibadah suci ini dapat berlangsung apabila ada tekad atau komitmen dari diri saudara-saudara untuk melawan berbagai keinginan daging yang nyata-nyata bertentangan dengan perintah Tuhan.
Ditambahkannya, bahwa Pemerintah Kabupaten Toba Samosir belum dapat berbuat banyak dalam mendukung dan mensukseskan pelaksanaan ibadah ini. Namun perlu kami informasikan, bahwa sejak tiga tahun terakhir ini, Pemkab Toba Samosir telah memperluas kegiatan buka puasa bersama ini sampai ke tingkat kecamatan, dimana sebelumnya hanya di tingkat kabupaten saja. Itulah salah satu bentuk kepedulian Pemkab Toba Samosir kepada kaum muslim di Kabupaten Toba Samosir ini. Selain itu, kita telah berupaya meningkatkan anggaran untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan muslim di Kabupaten Toba Samosir ini, diantaranya pelaksanaan buka puasa bersama masyarakat/ PNS/ TNI-POLRI/ BUMN/ BUMD, pelaksanaan MTQ, Safari Ramadhan, Pengiriman Nasyid ke Tingkat Propinsi Sumatera Utara, Operasional Urusan Haji, Bantuan Pembangunan Mesjid dan dua tahun terakhir ini telah diprogramkan bantuan pemberangkatan dua orang warga untuk menunaikan ibadah haji.
Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Administrasi Umum Drs. Arusdin Sagala, Wakapolres Kompol Benma Sembiring, Camat Balige Eddy Sihaloho, S.Sos, Camat Tampahan Bisker Lumban Toruan, S.Sos, Kapolsek Balige AKP Gibson Siagian, Danramil Balige Kapten H. Sitinjak, Anggota DPRD Herbert Sibuea, SE, Kadis Pendidikan Drs. Hulman Sitorus, Kadis PU Ir. Soaloon Silitonga, Kadisnakertrans Posman Marpaung, SH, Kadis Dukcapil Drs. Pancaria Sembiring, MDA dan Kabag Kessos Almen Tambunan.
Pada kesempatan itu juga diserahkan cenderamata oleh Bupati Toba Samosir yang diwakili Asisten Administrasi Pembangunan Ir. Saibon Sirait secara simbolis kepada H. Gozali Siregar dan Hj. Siti Tampubolon.
Selain di dua kecamatan tersebut, Bupati Toba Samosir yang diwakili Asisten Pemerintahan Drs. Alberth Sidabutar turut berbuka puasa bersama dengan masyarakat Kecamatan Bonatua Lunasi yang dilaksanakan di Halaman Masjid Nurul Iman Desa Silamosik II Kecamatan Bonatua Lunasi, kamis (10/08/2009). Dalam sambutannya Alberth Sidabutar mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim di Kabupaten Toba Samosir demikian juga secara khusus bagi warga Kecamatan Bonatua Lunasi yang hadir pada acara “berbuka puasa bersama Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dan masyarakat Kecamatan Bonatua Lunasi”.
Ditambahkan oleh Alberth Sidabutar, bahwa tujuan adanya buka puasa bersama pemkab dengan masyarakat adalah untuk menjalin tali silaturahmi antara pemkab dengan masyarakat khususnya umat muslim di Kecamatan Bonatua Lunasi, juga diharapkan agar para warga yang menjalankan ibadah puasa mampu menjalankan puasa untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah.
Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir belum dapat berbuat banyak dalam mendukung dan mensukseskan pelaksanaan ibadah puasa tahun 2009 ini, namun Pemerintah Kabupaten Toba Samosir telah memperluas kegiatan buka puasa bersama sampai ke tingkat kecamatan dan meningkatkan anggaran untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan muslim di Kabupaten Toba Samosir.
Pada kesempatan buka puasa bersama tersebut Pemkab Toba Samosir juga mengucapkan terima kasih kepada para panitia yang turut mendukung acara buka puasa bersama ini, diharapkan di setiap tindakan dalam kehidupan kepribadian kita sehari-hari senantiasa mengedepankan nilai-nilai keagamaan untuk mencapai Toba Samosir yang lebih religius dan mewujudkan TOBAMAS 2010.
Sementara itu tokoh masyarakat Kecamatan Bonatua Lunasi Makmur Sitorus menyambut baik atas terselenggaranya pelaksanaan buka puasa bersama ini, semoga dengan kegiatan ini hubungan antara pemkab dengan masyarakat dapat berjalan dengan baik. Turut hadir pada acara tersebut Camat Bonatua Lunasi Rolli Silalahi, S.Pd, Kasubbag Agama Paiman Butarbutar dan Kasubbag Pemberitaan Hendra Butarbutar, AP.

PEMKAB TOBA SAMOSIR BEKERJASAMA DENGAN DINAS PMD PEMPROPSU SELENGGARAKAN PELATIHAN KADER PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir selenggarakan Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Desa/Kelurahan se-Kabupaten Toba Samosir TA. 2009, bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Porsea (10/09/2009).
Dalam acara pembukaan pelatihan kader pemberdayaan masyrakat gelombang I Bupati Toba Samosir dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Pembangunan Ir. Saibon Sirait mengatakan bahwa kader adalah seseorang yang dibekali sedemikian rupa agar memiliki kemauan dan kemampuan untuk memotivasi dan menggerakkan masyarakat dalam setiap pembangunan sedangkan pemberdayaan masyarakat adalah suatu strategi pembangunan yang melibatkan masyarakat secara menyeluruh sesuai bidang dan kemampuan masing-masing yaitu sejak perencanaan, pelaksanaan sampai pelestarian hasil pembangunan itu sendiri. Melalui keterlibatan masyarakat tersebut, maka diharapkan akan terwujud kemandirian dalam semua aspek kehidupan. Dengan demikian, maka dapat dipahami bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk menciptakan tenaga-tenaga di desa untuk memiliki kemauan, kemampuan dan kelebihan dalam berbagai bidang guna mendorong atau menggerakkan masyarakat desa dalam setiap proses pembangunan.
Diharapkan oleh Bupati kepada setiap peserta pelatihan agar memelihara kedamaian dan tunjukkan sikap keteladanan kepada isteri atau suami dan anak-anak kemudian berkembang kepada tetangga dan masyarakat sekitar, menghindari pembicaraan yang menimbulkan konflik tetapi tumbuh kembangkan prakarsa membangun, jangan mudah terprovokasi tetapi pelajari dan taatilah peraturan yang ada serta ciptakan suasana/iklim yang memungkinkan masyarakat secara bersama-sama membicarakan penggalian dan pemanfaatan potensi desa.
Sebelumnya sekretaris panitia kegiatan Aron P. Simanjuntak, SE melaporkan bahwa Pelatihan KPM ini dilaksanakan pada tiga angkatan yaitu angkatan pertama berlangsung mulai tanggal 10 s/d 12 September 2009 angkatan kedua mulai tanggal 14 s/d 16 September 2009 dan angkatan ketiga tanggal 24 s/d 26 September 2009 yang keselurannya berlokasi di SKB Porsea.
Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 150 orang dari 16 kecamatan di Kabupaten Toba Samosir yang dibagi dalam 50 orang per angkatan. Tim pelatih terdiri dari 2 orang pelatih dari Bapemmas dan Pemdes Propinsi Sumatera Utara dan 3 orang pelatih dari Kabupaten Toba Samosir. Adapun hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan pelatihan ini adalah peserta pelatihan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mitra kerja Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Partisipatif.
Penutupan angkatan I dilaksanakan pada hari Sabtu ( 12/9 ), adapun kegiatan yang dilaksanakan pada hari itu antara lain tentang kesan dan pesan para peserta serta ramah tamah untuk saling bertukar informasi mengenai sejauh mana pelatihan kader tersebut dipahami. Seperti halnya dengan yang dituturkan salah seorang kader yang berasal dari utusan Kecamatan Silaen. Yang mana beliau mengatakan bahwa seyogianya pelatihan seperti ini kelak nantinya lebih ditingkatkan, dan bukanlah hal yang mudah untuk memahami sesuatu dalam waktu yang relative singkat, tetapi kami juga sebagai kader yang dilatih merasa bersyukur dapat bertukar pengalaman dengan beberapa desa yang lain ada ada di Kabupaten Tobasamosir ini.
Boru Silaen juga mengharapkan agar nantinya pemerintah memperhatikan semua para kader yang telah selesai dikader, dan janganlah cuma sertifikat saja yang diberikan kalu bisa kesejahteraannya perlu juga diperhatikan. Karena ini merupakan salah satu pekerjaan yang membutuhkan dedikasi yang tinggi dan merupakan sebuah ujung tombak pemerintahan di setiap Desa, ujarnya mengakhiri.
Setelah acara ramah tamah singkat dengan para kader, acara ditutup secara sah oleh Kakan PMD Tobasa Samosir Drs. Wasir Simanjuntak.

PERINGATAN HAORNAS DI KABUPATEN TOBA SAMOSIR DILAKSANAKAN MERIAH

Bupati Toba Samosir Drs. Monang Sitorus, SH, MBA sebagai Inspektur Upacara dalam peingatan Hari Olah Raga Nasional tingkat Kabupaten Toba Samosir yang dilaksanakan di Lapangan Sisingamangaraja,XII Balige hari rabu (09/09/2009) dengan tema “budayakan olahraga untuk melanjutkan peningkatan prestasi dan kesejahteraan rakyat”. Dalam sambutan Menteri Negara Pemuda Olah Raga yang dibacakan Bupati Toba Samosir mengatakan fakta menunjukkan bahwa indeks pembangunan olahraga Indonesia masih rendah. Hal ini semestinya menyadarkan seluruh tokoh dan pemimpin bangsa bahwa panji olahraga yaitu memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat sebagai upaya pemassalan dan pembudayaan olahraga yang kita canangkan sejak 26 tahun silam, ternyata belum sepenuhnya terlaksana sebagaimana diharapkan. Oleh karena itu, untuk membangun pilar yang kokoh dan menjamin tercapainya prestasi olahraga yang membanggakan, tiada jalan lain kecuali berupaya dan bekerja keras serta terfokus pada pemassalan dan pembudayaan olahraga di masyarakat.
Ditambahkannya, bahwa dalam pembangunan olahraga di Indonesia, kita telah memiliki landasan dan payung hukum, yaitu Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional yang mengamanatkan bahwa pemberdayaan olahraga berfokus pada tiga bidang yaitu olah ragakreasi, olahraga pendidikan dan olahraga prestasi. Sementara itu, disadari sepenuhnya bahwa membangun prestasi olahraga tidak semudah membuat bangunan fisik. Sang juara mustahil muncul tiba-tiba, untuk menjadi juara perlu proses yang panjang, perlu disiplin diri yang kuat, berlatih keras dan berkesinambungan sejak usia dini, di bawah binaan dan bimbingan pelatih yang professional.
Oleh karena itu, lanjutnya, upaya pembenahan dan penguatan pondasi olahraga masyarakat menjadi program prioritas pembangunan keolahragaan. Kemudian di samping membina dan mendorong tumbuh kembangnya klub olahraga di masyarakat, telah dilakukan intensifikasi dan peningkatan mutu pengelolaan pusat-pusat pembinaan olahraga, seperti sekolah khusus olahraga seperti ragunan, sidoarjo dan Palembang, pusat pendidikan dan latihan pelajar di 33 propinsi dan pusat pendidikan latihan mahasiswa di 21 propinsi.
Dalam kesempatan tersebut, dimeriahkan atraksi senam massal, senam lanjut usia, atraksi karate dari perguruan kala hitam dan perguruan KKI serta Marching Band dari Yayasan TP. Arjuna dan PT. Toba Pulp Lestari (TPL). Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Mangatas Silaen, Kajari Balige Timbul Pasaribu, SH, Ketua PN Balige Avrits Siahaan, SH, Wakapolres Kompol Benma Sembiring, mewakili Dandim Kapten H. Sitinjak (Danramil Balige).

BUPATI TOBA SAMOSIR BERBUKA PUASA BERSAMA MASYARAKAT PINTUPOHAN MERANTI

Bupati Toba Samosir Drs. Monang Sitorus, SH, MBA mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim di Kabupaten Toba Samosir demikian juga secara khusus bagi warga Kecamatan Pintupohan Meranti yang hadir pada acara “berbuka puasa bersama” yang dilaksanakan di Gedung Gymnasium PT. Inalum Power Plant Paritohan hari selasa (08/09/2009).
Dalam sambutannya Bupati Toba Samosir juga mendorong para warga yang menjalankan ibadah puasa agar mampu menjalankan puasa untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah.
Bupati yakin hambatan dan tantangan yang dihadapi dapat mendewasakan iman percaya warga muslim. Puasa bukan hanya menahan haus tetapi juga adanya niat, kemauan dan kemampuan untuk menguasai diri,”orang yang menguasai diri, akan dapat menguasai dunia” demikian diungkapkan Bupati Toba Samosir.
Pemerintah Kabupaten Toba Samosir belum dapat berbuat banyak dalam mendukung dan mensukseskan pelaksanaan ibadah puasa tahun 2009 ini, namun Pemerintah Kabupaten Toba Samosir telah memperluas kegiatan buka puasa bersama sampai ke tingkat kecamatan dan meningkatkan anggaran untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan muslim di Kabupaten Toba Samosir. Dua tahun terakhir ini Pemerintah Kabupaten Toba Samosir juga telah memprogramkan bantuan pemberangkatan dua orang warga muslim untuk menunaikan ibadah haji.
Pada kesempatan buka puasa bersama Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada warga yang hadir dan senior manager PT. Inalum Adi Susanto yang turut mendukung acara buka puasa bersama ini, diharapkan di setiap tindakan dalam kehidupan kepribadian kita sehari-hari senantiasa mengedepankan nilai-nilai keagamaan untuk mencapai Toba Samosir yang lebih religius dan mewujudkan TOBAMAS 2010.
Turut hadir pada acara tersebut para pimpinan SKPD se Kecamatan Pintupohan Meranti dan para pengurus Ikatan Warga Islam Inalum (IWII).

BUPATI TOBA SAMOSIR HADIRI PENGUKUHAN MAHASISWA BARU POLITEKNIK INFORMATIKA DEL

Bupati Toba Samosir Drs. Monang Sitorus, SH, MBA menghadiri Sidang Akademik Terbuka Politeknik Informatika DEL dalam rangka pengukuhan 71 orang mahasiswa baru Politeknik Informatika DEL yang berlangsung di Auditorium Politeknik Informatika DEL Sitoluama, Laguboti, jumat (04/09/2009).
Dalam sambutan Bupati Toba Samosir menyampaikan selamat kepada para mahasiswa yang berhasil masuk ke Politeknik Informatika DEL ini dan merasa bangga karena untuk tahun 2009 ini ada 25 mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Toba Samosir. Hal ini merupakan wujud penerapan kemajuan bidang pendidikan di Kabupaten Toba Samosir dimana bidang pendidikan merupakan salah satu pilar pembangunan di Kabupaten Toba Samosir yang saat ini anggaran pendidikan mencapai 38%.
Sementara itu Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Gumilar R. Sumantri dalam sambutannya mengatakan ada tiga masalah bangsa yang perlu menjadi perenungan yaitu krisis pangan, krisis energi dan krisis ekonomi, masalah ini dapat diatasi dengan ilmu pengetahuan dan ilmu pengetahuan sendiri dapat dikuasai melalui pendidikan. Sedangkan pendidikan di Indonesia seharusnya lebih berorientasi kepada pendidikan kejuruan.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Pembina Yayasan DEL Luhut Panjaitan, Kadis Pendidikan Drs. Hulman Sitorus, Bupati Tapanuli Utara dan Bupati Samosir.

BUPATI TOBA SAMOSIR HADIRI WISUDA MAHASISWA POLITEKNIK INFORMATIKA DEL

Bupati Toba Samosir Drs. Monang Sitorus, SH, MBA menghadiri Wisuda mahasiswa angkatan 2006 Politeknik Informatika DEL dalam yang berlangsung di Auditorium Politeknik Informatika DEL Sitoluama, Laguboti, sabtu (05/09/2009).
Dalam acara tersebut, Ketua Pembina Yayasan DEL Luhut Panjaitan mengatakan bahwa pada tahun 2010 Politeknik Informatika DEL akan membuka program strata 1, disamping itu di perguruan tinggi ini juga akan diarahkan sebagai tempat pusat research robotic.
Pada kesempatan itu pula Koordinator Kopertis Wilayah I Prof. Dr. H. Zainuddin M.Pd menyampaikan kebanggaannya terhadap Luhut Panjaitan atas kepeduliannya dalam bidang pendidikan. Politeknik Informatika DEL dalam penilaian Kopertis masuk dalam kategori baik.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Pendidikan Drs. Hulman Sitorus, Camat Laguboti dan Kabag Humas dan Protokol.

BUPATI TOBA SAMOSIR BUKA KOMPETISI SEPAK BOLA PANAHATAN HUTAJULU CUP

Bupati Toba Samosir Drs. Monang Sitorus, SH, MBA membuka kompetisi sepak bola tingkat SLTA se Kabupaten Toba Samosir memperebutkan Piala Panahatan Hutajulu (06/09/2009) di Lapangan Tangsi Laguboti.
Dalam pembukaan kompetisi tersebut Bupati Toba Samosir mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh tim yang bertanding dan mengharapkan agar seluruh unsur yang terlibat dalam kompetisi untuk menjunjung tinggi sportivitas dan fair play. Ditambahkannya bahwa tujuan dari diadakannya kompetisi sepak bola ini salah satunya adalah untuk menangkal bahaya kenakalan remaja terutama yang saat ini sedang marak yaitu bahaya penggunaan obat-obat terlarang atau narkoba.
Pada kesempatan tersebut Panahatan Hutajulu dalam sambutannya mengharapkan dari kompetisi ini akan muncul bibit-bibit baru yang akan meramaikan persepakbolaan di Kabupaten Toba Samosir ini.
Ditambahkannya bahwa untuk kompetisi yang baru diadakan pertama kalinya, telah diikuti oleh 10 tim dan diharapkan untuk tahun-tahun kedepan kompetisi ini, peserta yang mengikuti kompetisi ini dapat bertambah.
Pada pembukaan kompetisi sepak bola Panahatan Cup tahun 2009 ini berlangsung pertandingan perdana antara SMA Negeri 1 Laguboti melawan SMA Negeri 2 Balige yang ditandai dengan tendangan pertama oleh Bupati Toba Samosir.
Turut hadi pada kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan Drs. Alberth Sidabutar, Kadis Pendidikan Drs. Hulman Sitorus dan Unsur Pimpinan Kecamatan Laguboti.

BUPATI TOBA SAMOSIR HADIRI EKSPOS KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN UKM

Bupati Toba Samosir Drs. Monang Sitorus, SH, MBA mengahadiri Ekspos Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Sumatera Utara tentang Kebijakan Pemberdayaan UKM di Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Toba Samosir, jumat (04/09/2009).
Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengatakan Usaha Kecil Menengah merupakan sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat untuk itu perlu dibina dengan lebih serius. Di Kabupaten Toba Samosir permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan UKM ini meliputi tiga hal besar yaitu permodalan, pengelolaan dan peralatan.
Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Sumatera Utara Ir. Jonni Pasaribu, MAP mengatakan Program Kerja Dinas Koperasi dan UKM yang saat ini dilaksanakan meliputi penciptaan iklim usaha, pengembangan sarana pendukung bagi UKM, meningkatkan kewirausahaan dan daya saing, peningkatan kualitas koperasi serta pemberdayaan usaha skala mikro. Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan sarana penunjang bagi para pedagang K-5 di Kecamatan Balige, Porsea dan Laguboti.
Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Koperindag Kab. Toba Samosir Drs. Bangsomen Silaen, Kadis Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Ir. Jonson Simanjuntak, Asisten Administrasi Pembangunan Ir. Saibon Sirait dan Staf Ahli Bidang Pembangunan Sedih Simanjuntak, SH, MM serta sekitar 80 orang yang hadir.

RAPAT KOORDINASI PEMBERANTASAN PENYAKIT MASYARAKAT

Makin maraknya penyakit masyarakat di Kabupaten Toba Samosir maka perhatian dari semua pihak untuk memberantasnya terutama perjudian yang saat ini makin merajalela.
Pada hari senin (07/09/2009) diadakan rapat koordinasi di Ruangan Rapat Mini Kab. Bupati Toba Samosir yang dipimpin Bupati Toba Samosir Drs. Monang Sitorus, SH, MBA dengan peserta para kepala desa/lurah se Kecamatan Balige membahas langkah-langkahyang akan dilakukan dalam penanggulangan penyakit masyarakat terutama perjudian di Kecamatan Balige khususnya dan Kabupaten Toba Samosir umumnya.
Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakapolres Kompol Benma Sembiring, Asisten Pemerintahan Drs. Alberth Sidabutar, Kakan Satpol PP Drs. Kristian Manurung, Dansubdenpom 126 Kapten Basuki, yang mewakili Dan Kompi 125 Simbisa, Camat Balige Eddy Sihaloho, S.Sos, Danramil Balige Kapten H. Sitinjak dan Kapolsek Balige AKP Gibson Siagian.
Pada kesempatan tersebut tersebut Kapolsek Balige dengan tegas mengatakan tidak ada maaf bagi para pelaku judi dan meminta agar aparat desa mau bekerja sama dengan kepolisian untuk mengarahkan masyarakat ke hal-hal yang positif.
Pernyataan dan laporan Kapolsek Balige disambut baik oleh Bupati Toba Samosir yang kemudian mendorong lurah/kades se Kecamatan Balige menjadi contoh bagi masyarakat menuju Toba Samosir yang lebih religius. Bupati menyatakan tidak ada tawar menawar untuk para pelaku perjudian, dan perjudian harus dibumi hanguskan dari Toba Samosir.
Diakhir rapat tersebut Kakan Satpol PP yang menjadi moderator rapat ini membacakan kesepakatan yang disetujui oleh seluruh peserta yang intinya, yaitu : perjudian harus dibumi hanguskan dari Toba Samosir, seluruh peserta sepakat untuk mensosialisasikan pemberantasan judi melalui warta gereja (ibadah) serta lurah dan kepala desa sepakat untuk melakukan wajib lapor bagi warga pendatang.
Dengan adanya rapat koordinasi ini Bupati Toba Samosir mengharapkan Toba Samosir yang religius dan TOBAMAS 2010 akan sukses.

DHARMA WANITA PERSATUAN TOBASA SELENGGARAKAN PELATIHAN MENJAHIT

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kab. Tobasa melaksanakan Pelatihan Menjahit dan Demonstrasi Memasak bagi Anggota Dharma Wanita Persatuan Kab. Tobasa (03/08/2009). Pada Pembukaan Pelatihan Menjahit yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kab. Tobasa, Ketua Panitia Ny. Dumani Jaresman Manurung mengatakan bahwa kegiatan Pelatihan ini berlangsung selama 2 bulan dengan jumlah peserta 40 orang yang terbagi 2 gelombang.
Ketua DWP Kab. Tobasa Ny. Agustina Liberty Pasaribu dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan menjahit ini telah berlangsung 3 tahun, karena banyak permintaan dari unit dinas, badan dan kantor. Sedangkan kegiatan domonstrasi memasak ini menggunakan narasumber dari anggota DWP sendiri, yaitu Ny. RWSS Hutapea, sehingga potensi yang ada di dalam DWP sendiri dapat dikembangkan. Demonstrasi memasak ini juga menggunakan alat-alat serta bahan-bahan memasak yang mudah di dapat di daerah ini. Ditambahkannya, bahwa Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota DWP Kab. Tobasa sehingga menambah pendapatan dan kesejahteraan keluarga.
Sementara Penasehat DWP Kab. Tobasa Ny. Intan Monang sitorus dalam kata pembukaannya mengatakan bahwa dari anggota DWP juga ada yang menjadi anggota PKK, sedangkan di PKK sendiri juga diajarkan peningkatan keterampilan anggota. Ditambahkannya, pelatihan ini menjadi dokumen yang penting ke tingkat propinsi maupun ke tingkat pusat bahwa DWP Kab. Tobasa mempunyai kegiatan peningkatan keterampilan seperti ini.
Setelah kegiatan pembukaan pelatihan menjahit ini langsung dilaksanakan demonstansi memasak kue-kue dan makanan. Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh 35 orang pengurus dan anggota DWP Kab. Tobasa.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: