Oleh: Ronny Carter PM Sibarani | 15 Oktober 2009

kader KPM Desa


PEMKAB TOBA SAMOSIR SELENGGARAKAN PELATIHAN KADER PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Pemerintah Kabupaten Toba Samosir selenggarakan Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Desa/Kelurahan Kabupaten Toba Samosir TA. 2009, bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Porsea (10/09/2009).
Bupati Toba Samosir dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Pembangunan Ir. Saibon Sirait mengatakan bahwa kader adalah seseorang yang dibekali sedemikian rupa agar memiliki kemauan dan kemampuan untuk memotivasi dan menggerakkan masyarakat dalam setiap pembangunan sedangkan pemberdayaan masyarakat adalah suatu strategi pembangunan yang melibatkan masyarakat secara menyeluruh sesuai bidang dan kemampuan masing-masing yaitu sejak perencanaan, pelaksanaan sampai pelestarian hasil pembangunan itu sendiri. Melalui keterlibatan masyarakat tersebut, maka diharapkan akan terwujud kemandirian dalam semua aspek kehidupan. Dengan demikian, maka dapat dipahami bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk menciptakan tenaga-tenaga di desa untuk memiliki kemauan, kemampuan dan kelebihan dalam berbagai bidang guna mendorong atau menggerakkan masyarakat desa dalam setiap proses pembangunan.
Diharapkan oleh Bupati kepada setiap peserta pelatihan agar memelihara kedamaian dan tunjukkan sikap keteladanan kepada isteri atau suami dan anak-anak kemudian berkembang kepada tetangga dan masyarakat sekitar, menghindari pembicaraan yang menimbulkan konflik tetapi tumbuh kembangkan prakarsa membangun, jangan mudah terprovokasi tetapi pelajari dan taatilah peraturan yang ada serta ciptakan suasana/iklim yang memungkinkan masyarakat secara bersama-sama membicarakan penggalian dan pemanfaatan potensi desa.
Sebelumnya sekretaris panitia kegiatan Aron P. Simanjuntak, SE melaporkan bahwa Pelatihan KPM ini dilaksanakan pada tiga angkatan yaitu angkatan pertama berlangsung mulai tanggal 10 s/d 12 September 2009 angkatan kedua mulai tanggal 14 s/d 16 September 2009 dan angkatan ketiga tanggal 24 s/d 26 September 2009 yang keselurannya berlokasi di SKB Porsea.
Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 150 orang dari 16 kecamatan di Kabupaten Toba Samosir yang dibagi dalam 50 orang per angkatan. Tim pelatih terdiri dari 2 orang pelatih dari Bapemmas dan Pemdes Propinsi Sumatera Utara dan 3 orang pelatih dari Kabupaten Toba Samosir. Adapun hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan pelatihan ini adalah peserta pelatihan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mitra kerja Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Partisipatif.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bapemmas dan Pemdes Kabupaten Toba Samosir Drs. Wasir Simanjuntak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: