Oleh: Ronny Carter PM Sibarani | 13 November 2009

berita ringan


Acara ramah tamah Bupati Toba Samosir dengan masyarakat Desa Tambunan Baruara sukses
• Toba Samosir sudah mendekati KEMAKMURAN
Bupati Toba Samosir Drs. Monang Sitorus, SH, MBA beserta Ketua Tim Penggerak PKK dan seluruh para pimpinan Satuan Kerja Pemkab Toba Samosir dan Camat Balige Eddy Sialoho, S.Sos melakukan acara ramah tamah dengan masyarakat Tambunan Baruara, Jumat (02/10/2009) bertempat di Desa Tambunan Baruara, Kecamatan Balige
Dihadiri kurang lebih 300 orang, acara ramah tamah tersebut tergolong sederhana namun hikmat dan bermakna, dimana pada kesempatan tersebut antara masyarakat dan pemerintah saling bertukar pikiran untuk pembangunan Toba Samosir ke arah yang lebih baik.
Kabupaten Toba Samosir sudah mendekati kemakmuran dan kesejahteraan, demikian ungkapan tokoh masyarakat. Ini dapat dibuktikan dari pembangunan yang ada di Kabupaten Toba Samosir secara umum, dan di Desa Baruara secara khusus selama empat tahun terakhir, demikian ungkap tokoh masyarakat yang di ikuti dengan tepuk tangan dari masyarakat yang hadir.
Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK ibu Ny Intan Monang Sitorus br Marpaung mengatakan agar seluruh elemen masyarakat dapat bekerja sama untuk membangun Kabupaten Toba Samosir yang kita cintai ini.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Toba Samosir Drs. Monang Sitorus, SH, MBA pada arahan dan bimbingannya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang hadir agar bekerja sambil berdoa. Bupati juga menghimbau dan mengajak semua elemen masyarakat secara khusus yang ada di Desa Tambunan Baruara agar membuat dan melakukan yang terbaik untuk daerah yang kita cintai ini. Seperti motto Give Your Heart, berikan hatimu untuk Toba Samosir, agar apa yang kita cita citakan sesuai dengan VISI – MISI Pemerintah Kabupaten Toba Samosir Masyarakat Adil Sejahtera atau yang kita kenal dengan TOBA MAS 2010 tercapai, demikian Bupati Toba Samosir Drs. Monang Sitorus, SH, MBA mengatakan.
Turut hadir dalam acara tersebut beberapa tokoh masyarakat antara lain Pijar Tambunan, pemilik Hotel Bahagia Balige dan yang lainnya.

SEKDAPROPSU MEMBUKA PESTA DANAU TOBA TAHUN 2009 DI PARAPAT
Pembukaan Pesta Danau Toba
Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Sekretaris Daerah Propinsi RE. Nainggolan membuka secara resmi Pesta Danau Toba Tahun 2009 yang ditandai dengan pemukulan gondang batak bertempat di Open Stage Parapat Kabupaten Simalungun (07/10/2009).
Dalam sambutan Gubernur Sumatera Utara yang dibacakan Sekdaprop mengatakan Sumatera Utara memiliki budaya yang unggul, tidak kalah unggulnya dengan budaya dari negara manapun. Mari kita lestarikan dan pertahankan kebanggaan kita pada nilai dan seni budaya ini. Dunia sekarang ini juga menghadirkan banyak pilihan untuk melakukan kunjungan wisata.
Ditambahkannya, sesuai dengan kemajuan ekonomi daya beli rakyat Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Demikian masyarakat global juga memiliki peningkatan penghasilan serta daya beli mereka. Oleh karena itu makin banyak bangsa-bangsa berkunjung ke negara lain untuk melakukan kegiatan wisata, jangan sia-siakan kesempatan ini, jangan sampai wisatawan asing enggan datang ke Indonesia, enggan datang ke Danau Toba, karena kita tidak pandai untuk menyelenggarakan, menyiapkan segalanya agar mereka datang ke sini.
Pesta Danau Toba, lanjutnya, merupakan salah satu paket wisata Indonesia yang menjadi bagian dari Visit Indonesia Year 2009 sebagimana tercantum dalam agenda wisata nasional dan sebagai pencanangan kembali Sumut sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata unggulan di Indonesia. Oleh sebab itu, mari kita sukseskan Pesta Danau Toba 2009 untuk mempromosikan potensi budaya dan pariwisata di Sumatera Utara, juga kita jadikan sebagai ajang seni, budaya, pariwisata andalan Sumatera Utara sekaligus sebagai sarana mempererat silaturahmi antar etnis yang ada dengan berbagai budayanya.
Sebelumnya Sujono Manurung, SE Ketua Umum Panitia Pesta Danau Toba Tahun 2009 melaporkan bahwa pelaksanaan Pesta Danau Toba ini akan berlangsung mulai tanggal 7 s/d 11 Oktober 2009. Dimana Pesta Danau Toba kali ini berlangsung sederhana tanpa mengurangi bobot dari tujuan Pesta Danau Toba itu sendiri dengan mengedepankan seni dan budaya antar etnis di Sumatera Utara, olahraga, kegiatan pameran seni dan budaya dan industri.
Turut hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Menteri Bidang Pranata Sosial Departemen Pariwisata dan Kebupadayaan Republik Indonesia serta Unsur Pimpinan Daerah Propinsi Sumatera Utara dan Kabupaten/Kota se-Propinsi Sumatera Utara.
Dalam pembukaan tersebut juga dilaksanakan parade kontingen-kontingen yang memeriahkan Pesta Danau Toba tahun ini yaitu Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Dairi, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Karo, Kabupaten Pakpak Barat, Kota Pematang Siantar, Kabuapten Samosir, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Selatan dan Akademi Pariwisata Negeri Medan. Selain itu juga dilaksanakan atraksi budaya serta penyerahan bibit ikan bantuan sebanyak 20.000 ekor ikan
Partisipasi Toba Samosir dalam Pesta Danau Toba Samosir
Dalam acara pembukaan tersebut, kontingen Kabupaten Toba Samosir menampilkan atraksi yang menakjubkan para penonton yaitu dengan hadirnya patung sigale-gale raksasa yang sedang menortor di tengah open stage tersebut dan tidak kalah menariknya lagi yaitu adanya tandok raksasa yang berukuran tinggi sekitar 2 meter dan diameter 65 cm. Tandok raksasa tersebut hasil anyaman Reni br. Manurung dan diserahkan kepada Sekdaprop Sumatera Utara RE Nainggolan.
Setelah pembukaan Sekdaprop mengunjungi stand pameran di Harungguan Bolon Convention Hall Parapat dalam kunjungan tersebut RE Nainggolan mengunjungi 3 stand dari Kabupaten Toba Samosir yang diterima oleh Pelaksana Sekdakab Toba Samosir Ir. Saibon Sirait yaitu masing-masing Stand Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi serta Yayasan El Shaddai Taman Eden 100.
Turut hadir para pejabat di lingkungan Pemkab Toba Samosir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ir. Horas Legius Silitonga (Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan) dan Resman Sirait (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: