Oleh: Ronny Carter PM Sibarani | 13 November 2009

sekilas berita


PENILAIAN KECAMATAN TERBAIK TINGKAT PROPINSI SUMATERA UTARA DI KECAMATAN LUMBAN JULU

Lumbanjulu,
Penilaian kecamatan terbaik dilakukan di Kecamatan Lumban Julu oleh tim penilai tingkat Propinsi Sumatera Utara bertempat di Kantor Camat Lumban Julu yang dipimpin oleh Drs. P. Ritonga sebagai Ketua Tim dan Anggota Tim yang terdiri dari Jafor Situmorang, Rudi Siregar, Nouval Mahyor dan D. Silalahi. Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Toba Samosir yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Drs. Alberth Sidabutar.
Bupati Toba Samosir mengucapkan selamat datang kepada rombongan tim penilai dari Propinsi Sumatera Utara, Bupati bersama aparat pemerintah selalu berusaha untuk merespon setiap masukan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pembangunan di Toba Samosir demikian diungkapkan Asisten Pemerintahan Drs. Albert Sidabutar,dan Kabupaten Toba Samosir merupakan nomor satu tertinggi PDRB untuk dataran tinggi di Sumatera Utara.
Dalam laporan ekspos Camat Lumban Julu dihadapan para tim penilai dari Propinsi Sumatera Utara mengatakan bahwa Kecamatan Lumban Julu sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Toba Samosir Nomor 284 Tahun 2009 tanggal 12 Oktober 2009 ditetapkan menjadi Kecamatan Terbaik I Tingkat Kabupaten Toba Samosir Tahun 2009.
Dan Camat Lumban Julu Drs. Oloan Pane juga menjelaskan bahwa peningkatan pembangunan di Lumban Julu cukup baik seperti di bidang pertanian telah menjadi sentra pertanaman jagung di 6 desa dari 11 desa yang ada, yang mana masyarakat bersama pemerintah melakukan kerjasama dengan memberikan bibit jagung gratis kepada masyarakat yang mau bertanam jagung di lahan sendiri maupun lahan tidur yang dipinjam dari orang lain.
Masyarakat juga diikutsertakan untuk berpartisipasi dalam pembangunan seperti dalam bidang pendidikan dimana masyarakat memberikan lahan tanpa ganti rugi seluas + 2 ha pada tanggal 14 Mei 2007 kepada Pemkab Toba Samosir dan pemerintah telah membangun sekolah SMK, di bidang kesehatan juga telah semakin maju dengan penambahan bidan desa untuk melayani masyarakat yang dulunya 1 orang per desa menjadi 2 orang per desa.
Di sektor pariwisata, Kecamatan Lumban Julu juga mendapat perhatian dari pemkab melalui Dinas Pariwisata dengan adanya pengembangan agrowisata yang dapat diandalkan seperti Taman Eden 100, Sibottor Resort, Perumahan Adat Jangga Dolok, Binangalom dan Parendean sebagai wisata danau.
Dalam sesi pengarahan dan tanya jawab yang dilakukan tim penilai dari propinsi, masyarakat antusias menjawab setiap pertanyaan penilai dan memberitahukan keunggulan yang ada di Kecamatan Lumban Julu seperti masalah permodalan dalam usaha para petani sudah dapat dipecahkan dengan adanya koperasi yang ada di Desa Aek Natolu dimana setiap kebutuhan mulai dari sandang, pangan, pupuk, alat pertanian sampai usaha simpan pinjam telah dapat dilayani melalui koperasi tersebut.
Tim penilai dari propinsi mengatakan merasa puas atas segala paparan dari camat dan jawaban masyarakat yang hadir pada kesempatan itu dan Ketua Tim Penilai Drs. P. Ritonga mengharapkan agar masyarakat dapat meningkatkan kerjasama dengan Pemkab Toba Samosir untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kecamatan Lumban Julu dan Kabupaten Toba Samosir. ( R.s )


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: