Oleh: Ronny Carter PM Sibarani | 13 November 2009

sekilas info


BUPATI TOBA SAMOSIR MEMBUKA SOSIALISASI UNDANG-UNDANG TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
Tobasa,
Bupati Toba Samosir, Drs. Monang Sitorus, SH, MBA membuka kegiatan Sosialisasi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bertempat di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir, rabu (14/10/2009).
Bupati Toba Samosir dalam sambutannya mengatakan seiring dengan berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang merupakan salah satu sarana dalam pengembangan komunikasi informasi publik. Mengingat pentingnya keterbukaan informasi publik ini diharapkan kesiapan Pemkab Toba Samosir dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat.
Ditambahkannya, untuk keterbukaan informasi publik ini dapat juga dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, yang banyak menghasilkan perubahan dalam kehidupan masyarakat akhir-akhir ini. Hal tersebut merupakan salah satu indikator penting yang dapat menentukan proyeksi pertumbuhan ekonomi suatu daerah dimasa yang akan datang.
Diharapkan oleh Bupati Toba Samosir, pemerintah pusat melalui Depkominfo dapat melaksanakan program atau kegiatan lain yang menunjang pembangunan pada masa yang akan datang di Pemkab Toba Samosir.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Kelembagaan Komunikasi Sosial Depkominfo RI DR. James Pardede, MM. Sosialisasi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 ini bertema Perspektif Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik dalam Pelayanan Informasi Publik, yang tujuannya untuk membangun pemahaman, kesadaran dan komitmen segenap unsur aparatur Pemkab Toba Samosir dan juga masyarakat luas, terhadap pengimplementasian Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dalam layanan dan pemanfaatan informasi secara konsisten dan konsekuen. Sedangkan sebagai peserta yaitu unsur aparatur Pemkab Toba Samosir, Kelompok Informasi Masyarakat, LSM, tokoh masyarakat dan unsur media massa. Sebagai narasumber yaitu Peneliti Madya Bidang Komunikasi dan Media Badan Litbang SDM Depkominfo RI Drs. Amin Sar Manihuruk, MS dan Sudono Prasetyo.
Dalam pemaparannya, dengan adanya KIP ini, jajaran pemerintah harus lebih siap dalam penyediaan dan pendistribusian (pelayanan) data dan informasi publik yang lengkap, akurat, aktual, murah dan mudah diakses oleh masyarakat/publik; siap melakukan pelayanan prima terkait data dan informasi publik; mendorong/memotivasi transparansi pemerintah diberbagai bidang terkait dengan kepentingan publik; mendorong efektifitas dan efisiensi sistem kerja pemerintah; serta mendorong partisipasi masyarakat terhadap program pemerintah.
Ditambahkannya, bahwa Keterbukaan Informasi Publik baru dibicarakan sekarang ini karena Indonesia sedang dan akan memasuki paradigma baru; Indonesia sedang memperjuangkan lima pilar reformasi yaitu supremasi hukum, demokratisasi, peningkatan kualitas pelaksanaan HAM, transparansi dan akuntabilitas kinerja penyelenggara negara; peran pemerintah semakin menguat; pemerintah harus menciptakan Keterbukaan Informasi Publik; serta konsekuensi logis dari transparansi dalam penyelenggaraan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Adapun sifat informasi publik dan kemudahan mengakses, lanjutnya, yaitu setiap informasi publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik dengan cepat, tepat waktu, biaya ringan dan mudah diakses. ( R.s )


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: